Lensa Kontak Canggih, Mirip Mata Bionik

Para ilmuwan di University of Washington dan Aalto University di Finlandia, tinggal selangkah lagi dalam mengembangkan lensa kontak canggih. Lensa kontak ini bisa membuat pemakainya melihat seperti mata bionik.

Beragam fungsi ditanamkan pada lensa kontak ini. Di antaranya, terdapat teknologi navigasi dan gaming. Lensa kontak juga bisa menerima data berkat lingkaran berwarna emas di sekeliling lensa kontak yang berfungsi sebagai antena.

Tak hanya itu, kontak lens ini juga memiliki sirkuit terintegrasi dengan radio dan silikon yang menghasilkan daya, metal interconnect, lapisan insulasi dan chip super kecil transparan berisi LED mikro.

Sejauh ini para pengembangnya baru bisa menaruh ukuran satu pixel ke kontak lens tersebut. Namun lensa kontak ini masih terus dikembangkan sehingga bisa digunakan untuk menampilkan email atau pesan singkat secara langsung di mata di penggunanya.

Lensa kontak untuk saat ini belum bisa digunakan manusia. Para ilmuwan baru mengujikannya pada kelinci dan sejauh ini pengujian tidak menimbulkan reaksi negatif.

“Kami perlu mengembangkan desain antena yang berhubungan dengan jaringan serta mengoptimalkan transmisi frekuensi agar pengembangannya secara keseluruhan sempurna,” kata salah satu ilmuwan, Professor Babak Praviz dari University of Washington.

Ditambahkan Praviz, dia dan timnya masih harus bekerja keras untuk membuat kontak lens tersebut bermanfaat dalam kehidupan nyata dan membuat pemakainya seperti memiliki mata bionik.

 

Sumber: http://aliefqu.wordpress.com/2011/11/24/inilah-lensa-kontak-canggih-mirip-mata-bionik/

Diakses pada tanggal 14 Desember 2011 pukul 10.14 WIB

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: