Laskar Pelangi

JUDUL: LASKAR PELANGI

 

SUTRADARA: RIRI REZA

 

TAHUN: 2008

 

DURASI: 120 menit

 

Inilah film Indonesia yang menjadi banyak pembicaraan di paruh kedua 2008. Diadaptasi dari novel Andrea Hirata berjudul sama. Walaupun banyak yang mengritik film ini berbeda dengan novelnya, namun film Laskar Pelangi tetap setia pada jiwa dan semangat dalam novelnya.

 

Dapat dikatakan sebagai otobiografi Andrea Hirata, Laskar Pelangi bercerita tentang 10 anak-anak dan dua orang guru SD Muhammadiyah di kota Belitong yang mengejar impian dan cita-cita. Berbagai kekurangan seperti kehidupan ekonomi dan fasilitas sekolah yang sangat, sangat minim, tak mengurungkan niat para tokoh utama untuk mengejar impian. Jika ke-10 anak bersemangat dalam belajar dan mewujudkan impian, sekecil apapun itu, makan kedua orang guru juga melakukan yang sama. Keduanya mengabdikan diri sepenuhnya kepada dunia pendidikan dan senantiasa menanamkan moral dan budi pekerti kepada anak-anak didiknya.
Keindahan alam pulau Belitung menjadi daya tarik tersendiri, selain kesederhanaan para penduduknya. Dilengkapi dengan semangat mengejar impian, semua ini menjadi kekuatan film Laskar Pelangi.

 

Film inilah yang menjadi best seller sepanjang tahun 2008, mengalahkan film Ayat-Ayat Cinta. Semua orang sangat dianjurkan menonton film ini, termasuk anak-anak. Di sini kita dapat melihat pentingnya seseorang memiliki impian, dan tekad yang keras untuk mewujudkannya. Apapun keterbatasannya.

_________

Sumber: http://cakrawala-senja.blogspot.com/2008/11/laskar-pelangi.html

Diakses pada tanggal 5 Januari 2012 pukul 15.58 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: