Nonton Film Komedi Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Apa genre film favorit Anda? Jika ingin sehat dan terhindar dari penyakit jantung, para peneliti menyarankan untuk sering-sering menonton film komedi.

 

Seperti diberitakan Daily Mail, sebuah penelitian oleh University of Maryland School of Medicine menyebutkan genre film yang ditonton dapat berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Agar kondisi jantung tetap terjaga, film komedi menjadi pilihan yang pas.

Penelitian yang dipimpin Dr Michael Miller ini melibatkan survey terhadap beberapa responden yang diminta menyaksikan film drama komedi There’s Something About Mary dan film action perang Saving Private Ryan di hari yang berbeda.

Setelah melewati 300 macam pengukuran yang rumit, para responden terbukti mengalami respon negatif yang disebut vasoconstriction, rasa sesak yang terjadi di urat nadi. Kondisi ini menyebabkan aliran darah menurun dan timbul setelah menyaksikan film Saving Private Ryan yang penuh adegan mencekam.

Sebaliknya, saat menyaksikan There’s Something About Mary, saluran darah melebar dan terlihat perubahan kondisi di area endothelium. Endothelium adalah lapisan sel yang berada di dinding saluran darah dan mengatur jalannya aliran darah.

“Perubahan yang kami saksikan di area endhotelium setelah responden tertawa terlihat konsisten dan sama dengan respon yang terjadi setelah melakukan aerobik atau meminum statin (pil untuk menurunkan kadar kolesterol),” papar Miller kepada Science Daily.

Apakah ini berarti tertawa membawa manfaat yang sama seperti aerobik? Kurang lebih demikian. Sayangnya, tertawa hanya dapat membakar 1,3 kalori per menit, maka untuk membakar 78 kalori, Anda harus tertawa selama satu jam penuh. Tapi yang perlu diingat ialah manfaat tertawa terhadap kesehatan jantung dan peredaran darah.

“Banyak tertawa sangat berguna untuk mencegah penyakit jantung. Apalagi jika ditambah dengan mengonsumsi sayuran dan berolahraga secara rutin,” pungkas Miller.

_________

Sumber: http://aliefqu.wordpress.com/2011/12/25/nonton-film-komedi-dapat-mencegah-penyakit-jantung/

Diakses pada tanggal 6 Januari 2012 pukul 09.54 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: