Manfaat Serai untuk Kesehatan

 

Jenis tanaman yang satu ini termasuk ke dalam anggota suku rumput-rumputan. Serai biasa dijadikan sebagai bumbu pada masakan karena aromanya yang khas. Namun sebenarnya serai bukan hanya sekedar pelengkap bumbu. Jauh dari itu, tamanan bernama latin Cymbopogon citratus ini memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan karena kandungannya.

Manfaat Ajaib Serai untuk Kesehatan

Dalam penelitian yang dikutip dari ehow.com menyebutkan bahwa serai membantu dalam pemulihan dari pilek dan flu, mengurangi demam, kram, perut kembung dan nyeri rematik serta membantu pencernaan terutama pada anak-anak.

Sebuah penelitian dari The Science and Technology Department’s Food and Nutrition Research Institute yang dikutip dalam livestrong.com telah menentukan bahwa serai memiliki manfaat antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker, selain itu juga sebagai obat efektif untuk infeksi pada mata.

Para ahli dalam penelitian tersebut menambahkan bahwa dalam serai terdapat kandungan zat anti-mikroba dan anti bakteri yang berguna sebagai obat infeksi pada lambung, usus, dan saluran kemih.

Hal lain yang terdapat dalam serai yaitu kandungan Anti-piretik yang dimiliki serai bermanfaat dalam menurunkan panas. Selain itu senyawa analgesik yang membantu menghilangkan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri sendi, dan nyeri otot.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: