Hawaii Bangun Teleskop Terbesar di Dunia

Hawaii telah terpilih sebagai tempat dibangunnya teleskop raksasa di dunia. Teleskop ini nantinya akan menjadi perangkat tercanggih yang membantu para ilmuwan untuk mempelajari lebih dalam tentang alam jagat ini.

Besarnya ukuran teleskop ini mampu menandingi teleskop berukuran besar yang pernah ada sebelumya. Kaca teleskopnya saja memiliki diameter berukuran hampir 100 kaki, atau kira-kira sama dengan panjang sayap pesawat Boeing 737.

Teleskop ini memiliki kemampuan mengumpulkan cahaya yang akan setara dengan 13 juta tahun berpergian keliling Bumi.
Ini artinya, para ahli astronomi yang melihat dengan teleskop tersebut akan bisa melihat citra pembentukan awal galaksi dan bintang yang terjadi 400 juta tahun setelah fenomena Big Bang.

“Perangkat ini akan sangat membantu kita mengetahui sejarah Bumi,” kata juru bicara Thirty Meter Telescope Observatory, Charles Blue, seperti dikutip dari News Yahoo, Rabu (22/7/2009).

Teleskop ini dijadwalkan selesai pada 2018 dan akan ditempatkan di puncak gunung berapi yang tidak aktif yang menjadi kawasan favorit para astronom dalam meneliti objek langit.

Tempat ini juga terpilih karena dianggap memenuhi persyaratan, berada pada ketinggian 13.796 kaki sehingga sangat memungkinkan untuk melihat pemandangan langit dengan jelas.

Selain itu, Hawaii pun termasuk kawasan terisolasi di tengah lautan Pasifik sehingga akan memaksimalkan pengamatan karena terlindungi dari polusi udara dan cahaya.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: