Perbedaan Antara File Bitmap, JPEG, dan GIF

Bitmap, JPEG, dan GIF merupakan jenis file gambar yang memiliki format raster.

Format raster berarti bahwa file gambar tersusun dari kumpulan titik-titik kecil yang disebut picture elements (elemen gambar) atau pixel.

Perbedaan ketiga jenis file tersebut terletak pada kualitas, kemudahan penggunaan, dan warna yang dapat ditampilkan di gambar.

Format Gambar

File gambar dapat disimpan baik dalam format raster atau vektor.

Format raster menggunakan deretan titik (pixel) yang sangat kecil yang ditempatkan berdampingan seperti prinsip printer dot matrix.

Pixel merupakan elemen paling dasar dari gambar raster. Jenis file gambar yang memiliki format raster diantaranya adalah JPEG, bitmap, GIF, dan TIFF.

Sedangkan format vektor lebih kompleks, tidak menggunakan satu elemen dasar melainkan sejumlah objek yang didefinisikan oleh persamaan matematika dan koordinat.

File format vektor digunakan untuk berbagai keperluan antara lain untuk program AutoCAD yang diberi nama Drawing Interchange File (DXF) atau untuk CorelDraw! (CDR).

Bitmap Vs. GIF

Bitmap merupakan file yang tidak terkompresi yang berarti semua informasi gambar disimpan termasuk redudansi.

Sedang file GIF (graphical interchange format) merupakan jenis file yang sudah terkompresi sehingga bisa disimpan dalam ukuran lebih kecil.

GIF hanya berisi maksimal 256 warna atau 8-bit warna, sebagai lawan dari 24-bit pada file bitmap.

Sebuah gambar matahari terbenam akan tampak lebih gelap pada file GIF daripada sebagai file bitmap karena tidak semua warna dapat direpresentasikan dalam GIF.

Perbedaan lain antara GIF dan bitmap adalah bahwa GIF mendukung transparansi, di mana pixel menjadi transparan dan mengungkapkan latar belakang.

Inilah mengapa file GIF bisa dibuat animasi karena terdiri dari beberapa gambar raster dalam satu file dengan membuat beberapa daerah sepenuhnya transparan dan daerah lainnya lebih gelap.

GIF Vs. JPEG

JPEG (Joint Photographic Experts Group) merupakan file terkompresi seperti GIF.

Namun, tidak seperti GIF, kompresi JPEG tidak hanya menghilangkan informasi yang berlebihan dalam gambar namun juga kehilangan informasi yang unik.

Ketika gambar matahari terbenam yang dikompres sebagai file GIF akan terlihat gelap, ia akan muncul dalam bentuk ‘pixelated’ dalam file JPEG, yang berarti pixel yang membentuk gambar akan terlihat. JPEG tidak mendukung transparansi.

JPEG Vs. Bitmap

Baik JPEG dan bitmap dapat berisi sebanyak 24-bit warna. Bedanya, JPEG adalah file terkompresi, sedangkan bitmap merupakan file tidak terkompresi.

Ini berarti bahwa jika Anda menyimpan gambar matahari terbenam, ukuran file dalam bentuk bitmap akan sangat besar dibandingkan dengan format JPEG.

File bitmap cukup besar sehingga membuatnya sulit untuk dikirim melalui internet (mis: via email), sehingga file JPEG lebih disukai sebagai lampiran email.

Namun, jika Anda ingin menggunakan gambar matahari terbenam sebagai wallpaper komputer, lebih baik gunakan gambar bitmap karena kompresi dalam file JPEG mungkin mengakibatkan pixelation.

Pertimbangan

Saat mengedit gambar, berulang kali menyimpan gambar sebagai bitmap atau GIF tidak akan mengakibatkan degradasi kualitas.

Namun, jika berulang kali menyimpan gambar sebagai JPEG, Anda akan melihat bahwa setelah beberapa kali menyimpan, kualitas gambar akan berkurang.

Hal ini terjadi karena setiap kali menyimpan file JPEG, gambar akan dikompresi sehingga kehilangan informasi warna.

Jika Anda ingin mengedit gambar berwarna, lebih baik untuk menyimpan gambar awalnya sebagai bitmap sehingga warna dan kualitas tidak berkurang.

Bila telah puas dengan gambar hasil editan, Anda dapat menyimpannya baik sebagai bitmap atau JPEG, tergantung pada bagaimana Anda akan menggunakannya.

Jika mengedit gambar hitam dan putih, simpan file awal sebagai GIF karena tidak perlu banyak warna untuk mewakili gambar hitam dan putih.

Setelah selasai tahap editing, Anda dapat menyimpan file baik sebagai GIF atau JPEG untuk lebih memampatkan file.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: