Tips Menghindari Flare pada Karya Fotografi Anda

flare lensa 150x150 Tips Menghindari Flare pada Karya Fotografi AndaMengambil foto pada siang hari yang cerah bisa menjadi tantangan tersendiri.

Sinar matahari yang bersinar cerah bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan pada foto. Efek ini disebut sebagai flare atau bintik matahari.

Untuk menghindari terjadinya hal ini, Anda harus mempertimbangkan sudut kamera saat mengambil foto agar terbebas dari flare.

Penyebab Flare pada Lensa

Flare terjadi jika Anda baik sengaja maupun tidak membidik gambar ke arah sinar matahari.

Hal ini menyebabkan kamera menangkap cahaya lebih banyak dari yang seharusnya.

Cahaya yang intens ini akan dipantulkan beberapa kali oleh lensa sehingga menimbulkan efek cahaya yang tidak diinginkan yang dikenal sebagai bintik matahari atau flare.

Menggunakan Efek Flare untuk Fotografi Alam

Namun tidak selamanya flare merugikan. Ketika sinar matahari tertangkap sedikit di luar bingkai lensa, maka akan terjadi pantulan internal yang menghasilkan efek warna-warni pada foto.

Flare dapat dikurangi dengan mengubah sudut sumber cahaya.

Fotografer sering menggunakan flare untuk memberikan tampilan yang lebih alami pada foto-foto mereka.

Mengurangi Flare

Lensa kamera high-end umumnya dilapisi dengan lapisan khusus untuk mengurangi efek flare lensa. Flare juga bisa dikurangi dengan menggunakan lens hood.

Jika karena suatu sebab kamera Anda tidak kompatibel dengan lensa hood, Anda bisa melindungi lensa dengan tangan. Hati-hati agar tangan jangan menutupi lensa.

Menghilangkan Flare

Ubah posisi Anda. Hindari mengambil gambar ke arah cahaya matahari. Cara lain, cari lokasi yang lebih tinggi sehingga Anda tidak harus membidik ke arah atas sehingga terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Atur pula zoom focal length untuk meminimalkan dampak flare. Cara lain, atur komposisi gambar sehingga sinar matahari dapat disembunyikan di belakang pohon atau gedung sehingga tidak memicu flare.

Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: